______________________________________________________________________________________________________

Senin, 11 Agustus 2008

ROKOK oh rokok...


rokok, pembunuh "resmi' yang efektif. . .

Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin.

Rokok juga merupakan produk legal yg membunuh sepertiga hingga setengah dari penggunanya. Prediksi dari WHO, pd 2008 trjadi 5,4 juta kematian akibat rokok dimana 70% di antaranya trjd di negara berkembang.

menurut survey sosial-ekonomi indonesia(2004), indonesia merupakan konsumen rokok kelima terbesar di dunia. Catatan survey trsbt, 63,1%dr jumlah laki-laki dewasa yg merokok dan 4,5% perempuan.data cukup mengejutkan ditemukan pula 78% perokok di indonesia mulai merokok sebelum usia 19 tahun. .weleh...weleh..

selain itu rokok diperkirakan telah menyebabkan 427.948 kematian pertahun, atau sekitar1.172 kematian perhari penduduk indonesia.. .wuih, iki bener opo ora yo?! marai ngeri !!! kekekeke...tapi yo iso bener lho, memang banyak akibat yg ditimbulkan oleh merokok, yakni meningkatkan denyut jantung, meningkatkan tekanan darah, mengurangi aliran darah peripheral, dan mengurangi temperatur jari dan kuku..(jarene...)

dampak lainnya, mengurangi nafsu makan, meningkatkan noda kuning pd gigi, sering sakit tenggorokan, memudahkan karbonmonoksida masuk dlm darah, iritasi mata, nafas bau, kerusakan gigi dan gusi, serta karies pd perokok.

ck..ck..ck.. ngeri, ngeri dab ! BERSYUKURLAH bagi yg tidak merokok, atau yg sudah berhenti merokok...

Saya akui saya juga perokok berat....saya juga tau seberapa bahaya rokok itu buat hidup saya baik sekarang, besok dan yang akan datang, tapi its Addicted atau membuat kecanduan…tapi ya tetap saja cuek dengan bahaya yang ditimbulkanya, saya juga menyadari pembaca sekalian termasuk dari clove lovers dan tidak sedikit pula yang smoke hater(gak suka merokok , gak suka dengan orang yang merokok…tapi paling suka di rokok..Upssssssss….

Dari pengalaman sehari2 saya…tak sedetikpun terpisahkan dari yang namanya rokok..HIDUP TERASA HAMPA TANPAMU…cieeeeeee…buat saya its my best pren…bahkan serasa jadi sugesti..maksudnya..kalu lagi diam dan gak ngapa2in tersa gimaanaaaaaa gitu kalo antara telunjuk ma jari tengah tak ada rokoknya…tapi kalau ada pikiran jadi fokus..gak ada yang dipermasalahin lagi ,,,,gitu..

Dan terlepas dari pengalaman saya berikut akan saya jabarkan cara berhenti merokok…buat siapapun yang membaca….sapa tau bisa mbantu buat berhenti merokok…

“loh..yang nulis kok gak berhenti merokok?! sedangkan ia ngasih tau cara berhenti merokok” mungkin pertanyaan itu yang akan anda sekalian tanyakan…makanya saya sanggah dulu..(sorry)…pertama adalah NIAT kalau ada niatan kuat pasti akan berhenti dengan sendirinya…gitu kan….

Cara Berhenti Merokok

Analisis Kebiasaan
Lakukan analisis atas kebiasaan-kebiasaan merokok yang telah dilakukan selama ini. Misalnya:
  • Kapan waktu tersering Anda untuk merokok
  • Kapan Anda secara otomatis ingin merokok

Hasil analisis ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok.

Susun Daftar Alasan

Lakukan segala hal yang membuat Anda tidak kembali merokok. Selalu ingat alasan-alasan yang mendasari Anda untuk tidak merokok. Jika perlu susun daftar alasan itu.

  • Menghindari kanker, gagal jantung, gangguan pencernaan
  • Kehidupan sosial yang lebih baik
  • Ingat kesehatan dan kepentingan anak / keluarga
  • Makan lebih enak

Langsung Berhenti

Pilihlah sebuah hari di mana Anda akan berhenti. Dan pada hari itu, langsung berhenti total tanpa melakukan tahapan-tahapan. Umumkan rencana Anda kepada orang-orang dekat Anda agar mereka bisa membantu.

Waspada Pada Hari-Hari Awal

Hari-hari awal akan terasa sangat berat. Cobalah mengalihkan perhatian dengan mengkonsumsi permen atau permen karet tanpa gula. Sementara waktu, kurangilah kegiatan yang berkaitan dengan rokok, seperti kumpul dgn teman yg merokok.

Nikmati Hidup

Uang yang seharusnya dipakai untuk membeli rokok dapat dipakai untuk membeli hadiah bagi diri sendiri, seperti membeli buku, membeli kaset, nonton bioskop, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Konsumsi Rendah Kalori

Selama minggu-minggu pertama (sampai kira-kira empat minggu), makanlah makanan yang mengandung kalori rendah. Juga minumlah banyak air.

gitu. . .

(dari berbagai sumber dan opini sendiri)

4 komentar:

MBAH IM mengatakan...

Mulane enggal dimareni lehmu ngrokok !!?

Anonim mengatakan...

gambar monyetnya lucu :D

Anonim mengatakan...

blajar aaaachh....
masalahe wedi dadi monyet koyo ning gambar kui nuh...

diajeng any mengatakan...

Saya termasuk yang anti rokok hehe .. nice blog anyway, saya link ya .. kapan2 silakan kunjungi blog saya .. trims